Selasa, 28 Mei 2013

Membuat Isi Header / Footer Berbeda Pada Setiap Bab di Microsoft Word 2007


Membuat Isi Header / Footer Berbeda Pada Setiap Bab di Microsoft Word 2007

Secara default, kalau kita membuat suatu header atau footer pada satu halaman di Ms.Word, maka halaman-halaman yang lain akan mempunyai isi header/footer yang sama. Kalau kita ingin membuat header/footer yang berbeda pada halaman-halaman yang lain, berikut ini langkah-langkah membuatnya, caranya:
Misalnya mempunyai file / dokumen makalah word berisi 3 bab  di dalamnya, ingin memasang header yang berbeda disetiap bab,
Membuka Microsoft Word


Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu harus menentukan Section pada halaman yang ingin dibedakan headernya. Karena hanya dengan membedakan section ini kita nantinya bisa membedakan header.

Untuk menentukan section antara halaman 1 dan halaman 2, simpan kursor di halaman 1, kemudian klik Tab Page Layout, klik pada menu Breaks, kemudian pilih / klik Next Page.
Dengan satu langkah tadi, kita sudah membedakan section halaman 1 dan section halaman 2, (halaman 1 = section 1, halaman 2 = section 2), halaman 3 menjadi anggota section 2 ( karena default mengikuti section halaman sebelumnya).
Untuk menjadikan halaman 3 menjadi section 3, maka kita lakukan kembali seperti langkah diatas, yaitu letekkan kursor di halaman 2, klik Tab Page Layout, klik pada menu Breaks, kemudian pilih / klik Next Page
Berikut adalah langkah untuk memasukkan isi Headernya
Untuk menulis header dihalaman 1 (section 1), doble klik diarea header, tulis tulisan header yang dikehendaki

Untuk menambahkan keterangan tanggal kita bisa menggunakan Desain kemudian pilih Date & Time setelah itu muncul pilihan, pilih salah satu dan klik OK


Doble klik diarea header untuk keluar. Di halaman ke 2 atau halaman / section selanjutnya, doble klik di area header. Hilangkan tulisan Same as Previous  ini dengan mengklik (mendisable) menu  Link to Previous  (yag di lingkari sebelah tengah).

Kalau sudah hilang tulisan Same as Previous nya, silahkan tulis tulisan header yang diinginkan.


Doble klik diluar area header untuk keluar. Lakukan langkah ini pada section selanjutnya,

 Untuk membuat footer dapat melakukan cara yang sama dengan header hanya saja temapatnya yang berbeda yaitu header terletak diatas sedangkan footer dibawah halaman.



2 komentar:

sip dah....
tak tunggu kedtangannya juga di blog ane y

http://zahralja69.blogspot.com/

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More